10 Strategi Promosi Offline Yang Efektif

10 Strategi Promosi Offline Yang Efektif

 

Teknik pemasaran kini bergeser paradigma setelah munculnya segala sesuatu secara online dan mobile. Para pebisnis pun memilih lebih banyak melakukan pemasaran online kepada pelanggannya.

Padahal, sebenarnya bisnis yang sukses merupakan kombinasi antara strategi pemasaran online dan offline untuk menghasilkan perhatian dan meningkatkan penjualan.

 

Memasang baliho, memberikan hadiah dan semacamnya merupakan contoh pemasaran bergerilya secara offline. Tindakan sederhana ini merupakan cara mudah untuk menyebarkan nama bisnis dengan halus namun efektif.

Berikut ini 10 cara strategi pemasaran offline yang efektif hingga kini melansir Entrepreneur.

  1. Membagikan kartu nama

Ini adalah cara yang paling mudah dan murah. Anda dapat memberikan kartu nama ke tetangga dan relasi bisnis, atau selipkan ke dalam buku dan majalah yang relevan di kantor dokter serta tempat strategis lainnya.

  1. Memberikan hadiah atau sumbangan

Menjadi sebuah sponsor dalam acara amal atau acara-acara di sekolah dapat menjadi cara sederhana untuk membangun hubungan pribadi dengan masyarakat karena berpartisipasi dalam tujuan baik. Paling tidak, pihak yang mendapatkan hadiah ini akan menggunakan produk atau jasa Anda.

  1. Berbicara di sebuah acara

Cari acara yang berhubungan dengan industri Anda dan mempersiapkan pidato pendidikan yang bermakna. Ini akan meninggalkan kesan abadi dengan rekan-rekan di industri Anda dan menciptakan representasi visual dari bisnis Anda.

  1. Berkomunikasi dengan media lokal

Meskipun saat ini media online sedang menguasai, media cetak juga masih efektif. Anda dapat memberikan siaran pers untuk majalah atau koran yang sesuai audiens Anda.

  1. Mengirim surat

Meskipun kebanyakan orang sudah menggunakan e-mail atau snail mail, ternyata surat-menyurat dengan kertas atau jasa pos masih menjadi metode pemasaran yang dapat diterima. Kirim kupon atau update produk baru, sampel produk, newsletter, atau apa pun yang Anda pikir mungkin mempromosikan bisnis Anda yang terbaik.

  1. Membuat panggilan telefon

Mengumpulkan daftar pelanggan potensial dan menelefon mereka dapat menjadi salah satu strategi pilihan. Anda perlu menyesuaikan percakapan untuk setiap pelanggan sesuai waktu dan kebutuhan mereka. Langkah ini dapat membantu Anda membangun hubungan kolaboratif dengan bisnis lain dan berpotensi mendapatkan beberapa pelanggan baru di sepanjang jalan.

  1. Berpartisipasi dalam pameran

Pameran dagang atau ekspo menempatkan Anda berada di bawah atap yang sama dengan kompetitor. Anda dapat mempelajari bisnis mereka, memeriksa materi pemasaran mereka dan umumnya mendapatkan wawasan dalam strategi mereka.

  1. Mengubah kemasan

Mungkin sudah waktunya untuk menyegarkan penampilan usang yang tidak mengirimkan pesan yang tepat kepada pelanggan potensial. Luangkan waktu untuk meninjau kembali kemasan produk Anda karena perubahan sekecil apa pun bisa membuat perbedaan besar.

  1. Rayakan keberhasilan

Cobalah untuk menjadi tuan rumah pesta, gathering bisnis atau beberapa bentuk acara perayaan untuk berbagi kesuksesan Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mendapat kemitraan besar atau meluncurkan layanan baru dengan banyak undangan yang datang.

  1. Mensponsori acara komunitas

Jika keuangan memungkinkan, ini adalah cara yang fenomenal untuk menyebarkan bisnis Anda dengan jauh dan luas. Anda bisa bekerja sama dengan lembaga nonprofit untuk menjadi tuan rumah penggalangan dana. Dalam acara itu, Anda bisa memberikan barang-barang produksi Anda, kupon, pamflet maupun kartu diskon.

Sumber :
https://economy.okezone.com/read/2016/09/09/320/1485779/tips-laris-10-strategi-pemasaran-offline?page=2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2018 Sisikanan Jogja